Jumat, 24 Mei 2013

Tim Sidak Temukan Daging Semi Glonggongan

Tim gabungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Dinas Pertanian (Dispertan), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Polres Sukoharjo melakukan sidak di Pasar Kartasura (21/5) berhasil menemukan belasan kilogram daging semi glonggongan. Daging tersebut tidak disertai dengan surat pengantar dan keterangan kesehatan hewan.
Salah seorang pedagang mengaku tidak tahu jika dagangannya semi glonggongan. Dia membeli dari penjual yang berasal dari Ngampel,
Boyolali dengan harga Rp. 65.000 per kilogram.
Kasi Kesehatan Hewan dan Kesmafet Dispertan Ngatmini mengatakan, daging yang ditemui di Pasar Kartasura semi glonggongan. Salah satu cirinya daging berair. Sebab daging yang kualitasnya baik memiliki ciri kesat dan kering,” ujar Ngatmini.
Pihaknya juga tidak mendapatkan surat pengantar dan keterangan kesehatan daging. Padahal daging yang diperjualbelikan harus disertai dengan surat pengantar dan keterangan kesehatan daging, dari dokter hewan.
“Surat itu menegaskan jika sapi itu benar-benar sehat dan layak konsumsi. Tadi pedagang tidak bisa menunjukkan surat tersebut,” ujarnya. 
sumber :Pemkab Sukoharjo