Senin, 17 Juni 2013

PANCAKE : Ayo Berburu Pancake

Karena bentuknya, orang sering menyamakan kue ini dengan kue dadar khas Tanah Air. Padahal pada masanya, pancake adalah hidangan istimewa bangsa Eropa dan Amerika.
Bahkan hidangan ini sudah muncul pada sekitar tahun 1.400 Hijriyah, pada masa kekaisaran Romawi. Pancake bisa disuguhkan saat momen spesial atau sebagai menu sarapan maupun sekadar camilan.

Rasanya yang manis dan gurih membuat pancake diterima masyarakat dunia, tidak terkecuali wong Solo. Di kota ini pancake dapat kita temui di toko bakery atau gerai khusus pancake.
Seperti Vin’s Pancake di Jl Pattimura No 65 Dawung Wetan, Danukusuman, Serengan. Di toko ini disediakan tiga kelompok besar pancake mulai dari pancake with ice, beef pancake dan creamy pancake. Harga aneka pancake di tempat ini berkisar Rp11.000 hingga 17.000. Pancake di toko ini pernah masuk program wisata kuliner sebuah stasiun televisi nasional.
Berbicara pancake tidak bisa lepas dari Mr Pancake Restaurant dan Cafe di Solo Paragon. Tempat ini ibarat surga bagi penggila menu yang berbahan dasar tepung terigu, gula dan susu ini. Seperti original pancake, angel delight, chocoholic lovers, banana boat, bavarian apple. Ada juga durian pancake, coffee cream cookies, coco fruity, mango blast dan fruit salad pancake.
Sebagian besar pilihan menu di tempat ini dibanderol dengan harga Rp29.000 per porsi (belum termasuk PPn), kecuali original pancake Rp20.000 dan durian pancake Rp35.000.
Pancake juga dapat kita temukan di Griya Rahayu Jl Urip Sumoharjo No 221 Solo (utara perlintasan KA Ledoksari). Di sentra kuliner ini terdapat Pelangi Pancake yang memiliki 17 varian rasa. Namun yang istimewa adalah pancake ukuran mini seharga Rp3.000.
 Pemilik Pelangi Pancake, Shinta Juniarti, saat ditemui Solopos.com, Rabu (12/6/2013), mengaku, sengaja membuat pancake mini supaya menu dari Eropa ini dapat dinikmati masyarakat bawah.  “Bahkan pancake mini saya jual Rp1.500-Rp2.000 per biji, di dekat Kampus ISI,” katanya.
Selain pancake mini, Pelangi Pancake juga menyediakan beberapa kelompok pancake ukuran standar seperti pancake ice cream Rp8.000, pancake rainbow fresh fruit Rp10.000, pancake durian Rp11.000, pancake burger Rp10.000, pancake choco banana cheese Rp7.000.
Sedangkan toko bakery penyedia pancake di antaranya La Tansa Catering dan Bakery di Jl Imam Bonjol No 17, Keprabon. Di tempat ini disediakan pancake fla cokelat dan pancake gulung pisang raja. Namun untuk menu yang disebut terakhir tidak ready stock alias harus dipesan.
sumber:Solopos