Jumat, 01 Maret 2013

PEMKOT SURAKARTA RAIH PENGHARGAAN INOVASI MANAJEMEN PERKOTAAN

Pemerintah Kota Surakarta meraih penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) yang digelar oleh Kementrian Dalam Negeri. Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten atau kota yang telah berhasil menata kawasan kumuh,menata pedagang kaki lima, dan menata kota. Kota surakarta sendiri berhasil meraih penghargaan 3 kategori tersebut yakni menata kawasan kumuh, menata pedagang kaki lima, dan menata kota.
Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan diterima Walikota Surakarta FX Hadi Rudiyatmo Kamis 28/2 di halaman Studio Indosiar kawasan Daan Mogot Jakarta.
 
Dalam sambutannya Mendagri menjelaskan bahwa perhargaan ini tidak hanya sekedar perhargaan, melainkan sebuah langkah dalam mensejahterakan warga kota tersebut. "setelah mendapat penghargaan kami berharap kabupaten atau kota dapat terus meningkatkan kesejahteraannya terutama dalam pemberdayaan PKL, dan menata kawasan kumuh", ungkapnya. Sementara itu walikota surakarta mengatakan keberhasilan kota dalam meraih prestasi tidak lepas dari peran serta masyarakat, yang selama ini mendukung program pemerintah kota.
 
Selain kota surakarta ada 11 kabupaten kota yang memperoleh penghargaan sedangkan jawa tengah selain surakarta yakni kota pekalongan yang berhasil mendapatkan penghargaan serupa. Program lomba Inovasi Manajemen Perkotaan merupakan program dari kementrian dalam negeri melalui dirjen banda, yang pesertanya adalah seluruh daerah kabupaten dan kota di Indonesia.
 
3 penilaian yang dilakukan adalah keberhasilan menata kota, kawasan kumuh, dan penataan PKL. Dalam Implementasinya di lapangan kota surakarta berhasil menata PKL dengan memindahkan PKL manahan dan monumen 45, penataan kota dengan menata kawasan ngarsopuro, serta berhasil merelokasi warga bantaran ke tempat yang lebih layak dalam hal penataan kawasan kumuh.
 
sumber : http://surakarta.go.id