Sabtu, 23 Februari 2013

Lomba Durian Lokal


Klaten Utara - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Klaten mengadakan lomba durian lokal di halaman kantor Dispertan, Jalan Jogja-Solo, Klaten Utara, Rabu (20/2). Ada puluhan durian yang dilombakan oleh para petani durian dari berbagai kecamatan di Klaten. Penilaian lomba durian meliputi tampilan fisik durian sebelum dibuka,setelah dibuka dan aroma serta rasa.
Kepala Dispertan Klaten, Ir. Wahyu Prasetyo, ''Lomba durian diselenggarakan untuk menggali potensi durian lokal. Durian dari Klaten mempunyai rasa yang tidak kalah dari durian impor, sehingga harus dikembangkan karena potensi ekonominya bagus.''

Bupati H. Sunarna SE., MHum yang menghadiri kegiatan tersebut menyatakan penyelenggaraan acara ini untuk mengangkat potensi durian lokal. Tampak hadir para pejabat dan kepala SKPD. Selain menjadi produsen padi yang potensial, Klaten juga dikenal sebagai produsen buah-buahan seperti durian, rambutan, mangga dan lainnya.

Kegiatan itu juga dimeriahkan pesta durian gratis yang diikuti ratusan pengunjung. Panitia telah menyiapkan ratusan buah durian masak dari berbagai sentra produsen durian, seperti Jatinom, Kemalang, Manisrenggo dan Karangnongko.

Dari 26 peserta yang mengikuti lomba, sebagai juara I durian milik Martono, warga Ngaringan, Desa Sedayu, Kecamatan Tulung. Juara II, durian Tukimin, warga Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, dan juara III Haryanto warga Desa Randulanang, Kecamatan Jatinom.
sumber :http://www.klatenkab.go.id